8 Hari Berjalan, Baru 1 Partai Dinyatakan Lolos Verifikasi di KPU Cimahi

Ilustrasi. Bendera Partai Peserta Pemilu Anggota DPR, DPR dan DPRD Tahun 2014. (istimewa).

Cimahi, Polanusa – Partai Politik (Parpol) di Kota Cimahi hanya memiliki waktu empat hari untuk menyerahkan berkas salinan keanggotaan partai. Penyerahan berkas akan ditutup 16 Oktober mendatang.

Tercatat, sejak dibuka 3 Oktober lalu, baru empat Parpol yang menyerahkan berkas keanggotaanya, yakni Partai Perindo, Partai Gerinda, PSI dan PDIP.

Itupun, dari keempatnya, baru Partai Perindo yang dinyatakan lengkap. Sementara tiga partai lainnya masih bermasalah dengan data keanggotaan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Handi Dananjaya menjelaskan, berkas salinan keanggotaan partai, seperti KTA dan KTP harus sesuai dengan nama yang terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sippol) KPU RI.

“Yang bisa diterima dan sudah cocok baru Partai Perindo. Itu pun sempat dikembalikan karena kelebihan copy KTA dan KTP dengan jumlah yang ada pada berkas keanggotaan yang dilaporkan,” kata Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya di Kantor KPU Cimahi, Jalan Pasanteren, Kamis (12/10/2017).

Dikatakan Handi, masalah ketidakcocokan data di atas tersebut menjadi sebuah evaluasi KPU Cimahi untuk melakukan perbaikan. Sehingga, KPU Kota Cimahi mengundang para Liaison Officer Partai Politik (LO Parpol) dengan tujuan memberikan pemahaman terkait penyerahan berkas.

Dari pertemuan yang dilaksanakan pada Rabu (11/10) tersebut, Handi menyampaikan agar setiap partai, sebelum menyampaikan berkas ke KPU, sebaiknya mereka sudah konfirmasi terlebih dahulu ke DPP masing-masing terkait kapan akan melakukan pendaftaran.

“Jangan sampai mereka menyampaikan berkas ke kita, tapi DPP nya belum daftar ke KPU RI. Kalau begitukan pasti bermasalah juga,” ucapnya.

Sedangkan jika partai di daerah sudah tahu kapan DPP mendaftar ke KPU RI, lanjutnya, maka partai daerah harus sudah mengkroscek data khususnya KTP, KTA dengan jumlah sipol yang keluar.

“Ini harus klop, karena kalau tidak sama maka akan bermasalah dan pasti akan kami kembalikan,” sebutnya.

Handi menjelaskan, batas akhir penyerahan berkas pada 16 Oktober 2017 atau tinggal empat hari lagi, namun hampir semua partai belum menyampaikan laporan berkasnya. Untuk menghindari antrian yang lama saat penyerahan berkas karena harus di cek oleh pihak KPU, maka pihaknya akan mensiasati dengan memperbanyak tempat penerimaan berkas.

“Kami juga akan menambah SDM. Itu untuk antisipasi pada hari sabtu, Minggu dan Senin yang diperkirakan akan banyak parpol yang menyerahkan berkas ke kita,” jelasnya.

Kami juga terus mengimbau kepada para pengurus partai untuk melakukan penyampaian berkas yang tepat waktu.

“Lebih cepat lebih baik. Sehingga ketika ditemukan ada kekurangan pada berkas maka bisa langsung dilengkapi,” pungkasnya.

***Ferry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *