Pantun Khofifah dan Puisi Puti Awali Duel Sengit Pilgub Jatim

Pasangan Khofifah-Emil menunjukkan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti nomor urut 2 di sela rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon di Pilkada Jatim 2018 di Hotel Maurice Surabaya, Selasa (13/2/2018) malam. (polanusa/ms).

Surabaya, Polanusa – Pantun Khofifah Indar Parawansa dan Puisi Puti Guntur Soekarno mengawali ‘duel’ sengit perebutan kursi Gubernur/Wakil Gubernur Jatim 2018.

Di sela acara penetapan nomor urut pasangan calon di Hotel Mercure, Surabaya, Selasa (13/2/2018) malam, keduanya  menampilkan kebolehanya.

Diawali oleh Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang menyampaikan pantun.

“Kota Malang Kota Batu, Kotanya indah untuk wisata, Alhamdulillah dapat nomor urut satu, Khofifah Emil untum Jatim sejahtera,” ucap Khofifah di hadapan pendukungnya.

Tak itu saja, saat mengakhiri sambutan, mantan Menteri Sosial itu juga menyampaikan pantun penutup pada pidato politiknya.

“Mlaku-mlaku nang Darmo Kali, Ketemu Muslimat diajak ngaji, Ojok lali pitu likur Juni, Khofifah Emil seng nomor siji (jalan-jalan ke Darmo Kali, bertemu Muslimat dijakan mengaji, jangan lupa 27 Juni, Khofifah-Emil yang nomor satu-red),” ucapnya.

Tak kalah piawai, Puti Guntur Soekarno di sela pidato politiknya membacakan puisi tanpa teks kakeknya, Bung Karno, yang dimuat di buku “Sarinah”.

Ia menyampaikan puisi itu dengan menggubahnya dalam konteks Jawa Timur dan kebersamaan dirinya dengan Gus Ipul.

“Kami berdua bagai kepak sayap burung garuda. Yang kanan dan yang kiri. Ketika kami berdua mengepakkan dengan kuatnya. Maka kami bisa terbang setinggi-tingginya. Menukik, menyentuh rakyat Jawa Timur. Sayap kami berdua, akan mengayomi rakyat Jawa Timur. Sehingga kemenangan kami berdua, kami yakinkan adalah kemenangan untuk seluruh rakyat Jawa Timur. Maka itu, kabeh sedulur kabeh makmur,” kata Puti tegas.

Baik pantun Khofifah maupun puisi Puti sama-sama mendapat aplous para pendukungnya.

Sementara,  dalam pengundian pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto mendapat nomor urut 1. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno mendapat nomor urut 2.

“Hasil pengundian nomor urut hari ini, pasangan Khofifah-Emil mendapat nomor urut 1, sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti mendapat nomor urut 2,” kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

Eko melanjutkan, setelah proses pengundian, pihaknya akan menggelar deklarasi damai yang akan diikuti kedua pasangan calon di Taman Bungkul, Surabaya pada 18 Februari 2018. Diharapkan para pasangan calon mengikuti aturan main yang ada dalam berkampanye nanti.

“Masa kampanye sendiri akan dimulai pada 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Disusul masa tenang selama tiga hari, dan pemungutan suara pada 27 Juni 2018,” kata Eko.

***Muhamad Sodik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *