Barongsai Meriahkan Imlek di Stasiun Tugu, Yogyakarta

Aksi barongsai di sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat (16/2/2018). (Istimewa).

Yogyakarta, Polanusa – Pertunjukan naga barongsai mewarnai kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek di Yogyakarta, Jumat (16/2/2018) siang. Pertunjukan yang digelar di  halaman sisi selatan Stasiun Tugu itu membuat pengunjung dan penumpang kereta api turut merasakan meriahnya perayaan Imlek tahun ini.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan tujuan digelarnya pertunjukan barongsai di Stasiun Tugu untuk menghibur penumpang yang sedang menunggu kereta. Apalagi, menurut Eko perayaan Tahun Baru Imlek kali ini bertepatan dengan libur panjang akhir pekan, biasanya Stasiun Tugu sangat ramai.

Dia mengatakan, pertunjukan barongsai di Stasiun Tugu akan digelar dua kali yaitu pada Jumat (16/2/2018) pagi dan sore hari yang dipersembahkan oleh Grup Barongsai Mutiara Naga Jogja.

Selain menampilkan atraksi yang atraktif untuk menghibur penumpang, pertunjukan barongsai itu juga dimanfaatkan PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta untuk melakukan sosialisasi tentang aplikasi pembelian tiket kereta New KAI Access serta membagikan jadwal keberangkatan kereta dari Daerah Operasi VI Yogyakarta.

“Sudah ada aplikasi pembelian tiket yang akan memudahkan penumpang untuk memperoleh tiket. Harapannya, akan semakin banyak penumpang yang mengakses aplikasi ini,” kata Eko di Yogyakarta, Jumat.

PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta juga memanfaatkan atraksi barongsai untuk menyosialisasikan sekaligus memfungsikan Zona 3 halaman selatan Stasiun Tugu sebagai area publik yang nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan hiburan, edukasi dan sosialisasi untuk pengguna kereta api.

Selain itu, lanjut Eko, PT KAI juga terus berupaya merampungkan pekerjaan pembangunan trotoar di sisi selatan Stasiun Tugu atau di sepanjang Jalan Pasar Kembang sebagai salah satu bagian dari penataan Stasiun Tugu.

Eko meyakini jika jalur pedestrian sudah selesai dibangun maka akan memberikan manfaat yang besar bagi penumpang maupun masyarakat serta memperindah stasiun.

“Kami berupaya untuk memfungsikan kembali trotoar yang sudah puluhan tahun tidak berfungsi maksimal,” katanya.

Selain di Stasiun Tugu, kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek juga dapat dirasakan wisatawan di Malioboro dengan adanya ratusan lampion yang dipasang melintang jalan.

***Rio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *